Selasa, 27 Maret 2018 19:04 WITA

Ingin Beli Rumah, Ini Tips Cek Kualitas Bangunannya

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Ingin Beli Rumah, Ini Tips Cek Kualitas Bangunannya

RAKYATKU.COM - Sebelum melakukan transaksi pembelian rumah, alangkah baiknya melihat kualitas bangunan rumah tersebut, baik itu rumah baru ataupun seken.

Jangan sampai, dengan mengabaikan kualitas gedung, cicilan belum selesai, rumah Anda sudah harus direnovasi.

Beberapa hal yang perlu Anda periksa, untuk melihat kualitas rumah yang akan dibeli. Berikut tips nya yang dirangkum dari Rumah.com:

1. Memerisa Noda, Jamur dan Kelembapan
Perhatikan bangunan rumah, apakah terdapat noda, jamur, atau kelembapan pada dinding. Dinding yang lembap tanda kebocoran. Periksa khususnya di area-area basah seperti kamar mandi dan area cuci piring. Meski bukan kerusakan besar tapi Anda akan membutuhkan perbaikan yang cukup serius.

2. Periksa Kekokohan Plafon
Pada rumah baru, mungkin Anda belum bisa mendeteksi kerusakan ini. Tapi untuk rumah seken, kerusakan plafon sering terjadi pada bangunan yang kurang kokoh. Coba periksa bentuk fisik langit-langit, apakah sudah mulai mengerut atau kendur.

3. Periksa Isi Lemari Pada Area Basah
Jika rumahnya full furnished sudah dilengkapi kitchen set atau lemari, buka semua pintunya untuk mendeteksi jika ada aroma lembap dan jamur. Bau lembap bisa menjadi indikasi kebocoran air atau kayu yang lapuk.

4. Cek Retak Dinding
Perhatikan jika ada retakan di dinding bagian dalam dan luar. Retakan dinding yang memiliki lebar lebih dari 2mm dapat memicu retakan yang lebih besar.

5. Cek jamur di kamar tidur atau kamar mandi
Jamur biasanya nampak seperti awan kotor di bagian dinding dan langit-langit, bahkan mereka masih meninggalkan bekas setelah dibersihkan.

6. Cek plester dinding interior
Untuk rumah baru, Anda bisa mengecek kerapihan kerja kontraktornya dari plester dinding bagian dalam. Jika terdapat kesalahan pengerjaan, biasanya akan muncul retakan serabut pada beberapa sisi. Retakan ini bisa semakin membesar ketika dinding akan dicat.