Kamis, 29 Maret 2018 06:00 WITA

Keren, Dapur yang Sempit Bisa Dilengkapi Ruang Baca

Editor: Abu Asyraf
Keren, Dapur yang Sempit Bisa Dilengkapi Ruang Baca
Ruang baca di dapur bisa dimanfaatkan sambil menunggu masakan matang.

RAKYATKU.COM - Bagi kamu yang hobi membaca, pasti kamu ingin memiliki sebuah space pribadi yang nyaman, tempat di mana kamu bisa menghabiskan waktu untuk membaca, dan menyimpan koleksi buku-bukumu. 

Tapi, bukan berarti kamu harus menyediakan ruangan khusus untuk membangun sebuah perpustakaan, kamu bisa kok memanfaatkan sudut-sudut di setiap ruangan di rumahmu untuk kamu jadikan ruang baca.

Dikutip dari Dekoruma, berikut sudut-sudut rumah yang bisa disulap menjadi ruang baca. Tak Terkecuali di dapur.


1. Sudut Ruang Baca di Ruang Keluarga

Ada beberapa cara praktis membuat sudut ruang baca di ruang keluarga. Yang pertama adalah mengikuti penataan ruang baca di kamar tidur dengan menggunakan rak buku built-in storage. Kamu tinggal menempatkan sofa empuk panjang di antara rak buku ini. Rak-rak buku ini bisa diletakkan mengelilingi ruangan.

Kedua, kamu bisa membuat ruang baca yang lebih privat dan terisolasi dengan cara menggunakan rak buku terbuka sebagai dinding pembatasnya. Cara ini bisa membuat ruang baca berfungsi optimal pada ruangan kecil.

Yang terakhir adalah dengan menempatkan sebuah rak buku gantung di sudut ruang keluarga bersama dengan kursi berlengan (armchair) yang nyaman dan lampu hias yang estetik.

2. Window Nookdi Kamar Tidur sebagai Ruang Baca

Aspek yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruang baca yang ideal adalah aspek pencahayaan dan pertukaran udara. Untuk itu, kamu bisa menempatkan ruang baca di kamar tidur dekat dengan jendela yang menghadap ke luar. Sinar alami dan udara dari luar yang melewati celah ventilasi membuat suasana ruang baca menjadi lebih sejuk dan menenangkan. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal kamu juga bisa menggantung kursi malas di sana.

Jika dari awal kamu sudah merencanakan membuat ruang baca di kamar tidur, maka sebaiknya kamu menerapkan konsep desain built-in storage. Built-in storage memanfaatkan bidang dinding kamar tidur sebagai rak penyimpanan dan display atau menggunakan bangku penyimpanan. Memainkan kedalaman bidang agar bisa menampung lebih banyak barang. Bagian yang menjorok ke dalam dinding bisa kamu gunakan sebagai sudut ruang baca.

3. Lorong Rumah Juga Bisa Jadi Ruang Baca yang Nyaman!

Apabila kamu kebingungan untuk mengisi lorong rumahmu yang cukup panjang dan lapang, kamu bisa memanfaatkan sebagai sebuah ruang baca. Sebaiknya gunakan rak buku yang menempel di dinding agar tidak mengganggu pergerakan di ruang transisi ini. Gunakan karpet bermotif untuk mencirikan ruang baca ini.

4. Manfaatkan Luasan Nggak Terpakai Jadi Ruang Baca

Pastinya di dalam rumahmu ada saja area tersisa yang fungsi ruangnya sulit untuk kamu maksimalkan, seperti loteng, bagian bawah tangga, atau bagian ruangan yang terdapat bidang diagonal. Tempat-tempat seperti itu, cocok sekali untuk digunakan sebagai sebuah sudut ruang baca. Lokasinya yang terisolir membuat ruang baca ini jadi tempat yang cukup tersembunyi dan nyaman,

5. Sudut Edukatif di Ruang Bermain Anak

Ruang baca pada ruang bermain anak sebaiknya didesain semenarik mungkin untuk meningkatkan minat baca anak. Taruh buku-buku pada rak yang ditempatkan di pusat ruangan sehingga mereka tertarik untuk mengambilnya. Terapkan juga tema dekorasi ruang bermain anak yang meriah serta pemilihan furnitur yang atraktif seperti sudut ruang baca yang berupa tenda yang dihiasi beragam cushion dan boneka lucu.

6. Baca Buku Sambil Tunggu Masakan Matang

Jika kamu seorang ibu rumah tangga yang sering multi-tasking, membuat sudut ruang baca di dapur bisa membantu menyelesaikan pekerjaanmu. Dengan menempatkan sebuah sudut ruang baca di mana si kecil bisa membaca dan bermain di sana, kamu tetap bisa melanjutkan aktivitas memasakmu di dapur. Menggunakan storage bench (bangku penyimpanan) pada sudut ruang baca juga bisa membuat area ini berfungsi sebagai meja makan, lho.

Tags