Jumat, 30 Maret 2018 12:13 WITA

Cara Sederhana Mengharumkan Ruangan Rumah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Sederhana Mengharumkan Ruangan Rumah

RAKYATKU,COM - Selain kebersihan dan kerapihannya, kenyamanan menempati sebuah rumah juga dipengaruhi bau yang ada di dalam rumah.

Terkadang, bahan material dari furnitur rumah, hingga asap kendaraan dari luar dapat memberikan bau yang kurang sedap pada ruangan.

Untuk mengatasinya, biasanya dengan menambahkan pengharum ruangan. Nah, ada beberapa jenis pengharum ruang yang selain memberikan sensasi segar, juga baik untuk kesehatan serta dapat mempengaruhi suasana hati. 

Berikut beberapa cara mudah untuk membuat sendiri pewangi ruangan yang murah, mudah serta aman dari bahan kimia, yang dirangkum dari Rumahku.com:

1. Gunakan Pucuk Cemara
Salah satu yang dapat digunakan sebagai penyegar ruangan alami adalah pucuk dari pohon cemara yang sudah mengering. 

Kumpulkan beberapa buah pucuk di wadah seperti mangkuk atau keranjang, tambahkan minyak esensial yang memiliki aroma favorit Anda. Letakkan wadah di sudut meja agar kesegaran udara yang berada di dalam rumah Anda menjadi bertambah. 

2. Seprai wangi dari Baking Soda
Untuk membuat seprai wangi ini begitu mudah. Caranya, siapkan botol penyemprot cairan, baking soda, minyak esensial yang Anda sukai dan air suling. 

Campurkan berbagai macam bahan tersebut ke dalam mangkuk dan masukkan campuran ke dalam botol. Tutup dan kocok kembali, semprotkan minyak ini ke udara, karpet hingga seprai Anda.  

3. Menggunakan lavender kering  
Wangi lavender yang sering digunakan sebagai terapi memang dipercaya oleh banyak orang bisa memberikan rasa tenang. Manfaat dari tanaman yang dijadikan sebagai anti nyamuk ini bisa sebagai pengharum rumah Anda.

Caranya dengan penggabungan tunas lavender yang kering serta baking soda ke botol kaca, kocok dengan merata dan tambahkan minyak esensial lavender. Kocok botol dan taruh botol di sudut ruangan. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil agar aroma lavender bisa keluar dengan mudah.