Kamis, 26 April 2018 06:30 WITA

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Editor: Abu Asyraf
Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meresmikan Masjid At Taqwa di kompleks Polda Bangka Belitung, Rabu (25/4/2018).

RAKYATKU.COM - Kesibukan sebagai wali kota Bandung dan calon gubernur Jawa Barat tidak menghentikan kreativitas Ridwan Kamil. Di tengah kesibukannya berkampanye, sebuah masjid karyanya diresmikan, Rabu (25/4/2018).

Karya terbarunya adalah Masjid At Taqwa yang berlokasi di lingkungan Polda Bangka Belitung. Masjid itu diresmikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Berikut ini profil enam masjid karya Ridwan Kamil:

1. Masjid At Taqwa Polda Babel

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Masjid ini dirancang Ridwan Kamil dan firma arsitek asal Bandung Urbane. Didesain dengan konsep modern. Terdiri atas barisan pilar silinder yang disusun seolah saling berpegangan erat membentuk bujur sangkar. 

Bentuk barisan pilar silinder dimaksudkan sebagai manifestasi bentuk kesatuan umat Islam yang harus saling berpegang teguh dalam ikatan silaturahmi. Struktur bangunan masjid juga didesain dengan mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan udara alami.

"Menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan suhu udara di sekitar lokasi masjid, maka desain masjid dibuat agar cahaya dan sirkulasi udara bisa terdistribusi secara leluasa," ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis.

Skala dan masjid dibuat tinggi karena dengan tujuan suasana khusyuk lebih terasa ketika shalat dan agar sirkulasi udara lebih bisa bertukar lebih optimal. Masjid At Taqwa yang memiliki luas 625 m2 ini dirancang mampu menampung jemaah hingga  1.000 orang. 

Lansekap masjid dibuat bersatu dengan ruang terbuka hijau "Bhay Park" yang juga dibangun oleh Polda Babel yang nantinya digunakan untuk kegiatan dan aktivitas sosial masyarakat Bangka Belitung.

2. Masjid Merapi

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Masjid ini berada di Dusun Kopeng, Desa Kepuhardjo di lereng selatan Merapi. Masjid itu merupakan salah satu proyek corporate social responsibility (CSR) Baitul Maal Muamalat. 

Hal yang menarik yaitu masjid ini dibangun dari susunan batako yang ternyata salah satu bahannya merupakan abu letusan Gunung Merapi yang menyelimuti desa. Lewat karya ini Ridwan Kamil berpesan jika musibah bisa menjadi berkah dan jangan pernah berhenti berimajinasi dengan sesuatu yang ada.

3. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Masjid tanpa kubah ini punya gaya arsitektur sederhana tapi terkesan mewah. Salah satu penanda bangunan sebuah masjid yaitu menara tinggi dengan kubah berbentuk seperti bawang. 

Masjid ini didesain tanpa jendela namun terdapat banyak lubang ventilasi dan di masing-masing bloknya terdapat tulisan "Laa Ilaha Illallah". Meskipun tidak terlalu besar dengan luas 1320 m2, masjid ini mampu menampung jemaah sebanyak 1500 orang karena didesain bertingkat. 

4. Museum Tsunami Aceh

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Museum ini dirancang sebagai monumen simbolis dari peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004 lalu. Bangunan ini memiliki luas 2500 m2 dan terdiri dari 4 lantai serta dinding lengkungnya dihiasi relief geometris. Karena dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami Aceh, di dinding ruangan terdalam bangunan ini terdapat nama-nama korban tsunami. 

Selain itu, di museum ini juga terdapat simulasi peristiwa gempa bumi dan tsunami Aceh dan berbagai foto-foto, diorama, dan berbagai kisah korban yang menggambarkan betapa mengerikannya peristiwa tersebut. 

5. Masjid Al-Irsyad

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil ???????

Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini terletak di Padalarang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid Al-Irsyad diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam. Dengan luas 1871 m2, masjid ini mampu menampung 1500 orang jemaah. 

Masjid dengan arsitektur yang memukau ini banyak meraih penghargaan internasional. Karena didesain mirip bangunan Kakbah, masjid ini tidak memiliki kubah. Dinding masjid terbuat dari bata yang disusun dengan pola membentuk lubang ventilasi diantara bata solid dan jika dilihat dari kejauhan lubang tersebut membentuk kalimat syahadat. 

Desain interiornya pun cukup unik dengan area depan mimbar yang terbuka dan terdapat kolam dihiasi bola besi dengan lafadz "Allah" menambah suasana ketenangan dalam beribadah di dalam masjid ini. 

6. Masjid Asmaul Husna 99 Kubah

Enam Masjid Cantik dan Unik Hasil Rancangan Ridwan Kamil 

Masjid 99 kubah atau Masjid Asmaul Husna dibangun di lokasi reklamasi Pantai Losari atau kawasan Center Poin of Indonesia (CPI), Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid 99 kubah seluas 72x45 meter itu diperkirakan menelan biaya Rp160 miliar. Masjid tersebut nantinya dapat menampung 13.075 jemaah.


 

Berita Terkait