Kamis, 03 Mei 2018 13:29 WITA

Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Bersih

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Bersih

RAKYATKU.COM - Kulkas menjadi bagian penting dalam perangkat rumah tangga. Bahkan saat ini tingkat ketergantungan terhadap alat elektronik ini cukup tinggi.

Agar kulkas atau lemari pendingin dapat awet dan tahan lama, juga perlu dirawat dan bersihkan. Kadang terabaikan, Kulkas juga memerlukan perawatan harian, perawatan mingguan, dan perawatan enam bulanan secara rutin. 

Berikut ini beberapa tips merawat kulkas, yang dikutip dari Tips Rumah:

1. Bersihkan kompresor dari debu
Bersihkan bagian belakang kulkas atau bagian yang disebut kompresor dari debu. Ingat, sebelum membersihkannya, kita harus mencabut kabel dan stop kontak dulu.

Jika bagian kompresor sudah terlalu kotor dan kita tidak bisa membersihkan sendiri, minta bantuan tukang service kulkas sebagai bentuk perawatan kulkas.

2. Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam
Hal ini bisa merusak kulkas saat bagian dasar freezer bolong dan akibatnya kulkas bisa kehilangan kemampuan pendinginannya. Untuk itu, cukup matikan listrik atau turunkan suhu kulkas sampai 0 C agar bunga es mencair.

3. Atur ulang suhu kulkas
Jangan lupa mengatur ulang suhu kulkas setelah kulkas dibersihkan. Suhu kulkas yang tepat adalah medium untuk freezer dan maximum untuk refrigerator. Hal ini perlu dilakukan, sebab jika freezer maksimum suhunya, maka refrigerator secara otomatis berkurang suhunya.

4. Jangan menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas
Jika dilakukan, hal ini mengharuskan kulkas meningkatkan level pendinginan sebagai cara menyeimbangkan suhunya. Hal itu akan membuat aliran listrik mengalir lebih banyak.

5. Hindari dari sumber panas
Jangan meletakkan kulkas di tempat yang dekat dengan sumber panas seperti kompor. Hal ini agar kulkas bisa maksimal dalam fungsi pendinginannya dan tahan lama.