Jumat, 04 Mei 2018 13:10 WITA

Cara Membersihkan Setrika Berkerak

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Cara Membersihkan Setrika Berkerak

RAKYATKU.COM - Setrika yang sudah lama digunakan seringkali menjadi berkerak dan berwarna kecoklatan di bawahnya. 

Bila dibiarkan, bisa meninggalkan noda kecoklatan pada pakaian yang sedang disetrika. Bahkan mungkin membuat aktivitas menyetrika jadi tidak nyaman karena alas setrika tidak lagi licin.

Untuk menghindari hal itu, maka setrika perlu dibersihkan dari kerak tersebut. Caranya, dengan mengamplas bagian bawah setrika sampai benar-benar hilang dan permukaan setrika menjadi halus. 

Lalu gosokkan permukaan setrika yang habis diamplas tersebut pada kain halus sampai benar-benar bersih. Kemudian gosokkan permukaan setrika itu pada selembar daun pisang. Setrika Anda sekarang sudah bersih. 

Tetapi cara ini tidak disarankan untuk alas setrika berbahan laposan teflon karena akan terkelupas dan rusak.

Tetapi jangan khawatir, untuk setrika yang memiliki lapisan teflon cobalah lakukan perawatan sederhana ini agar setrika selalu licin dan bersih.

loading...

Buatlah teh tawar kental dan dinginkan. Setelah air teh dingin, ambil kain bersih dan rendam dalam air teh dingin ini selama 5 menit. lalu usapkan kain yang sudah direndam ini ke lapisan teflon setrika sebelum digunakan. Pastikan setrika tidak dalam keadaan panas saat Anda melakukan perawatan ini.

Apabila Anda tidak sengaja menyetrika kain dengan suhu yang terlalu panas bisa jadi ada bagian kain yang menempel pada setrika Anda. 

Untuk menanggulanginya, pada saat kondisi setrika masih panas, oleskan lilin pada permukaan alas setrika. Lalu gosokkan pada selembar kain yang sudah tidak terpakai lagi. Lakukan berulang kali sampai sisa kain lengket hilang dari alas setrika Anda.

Selain dengan lilin, Anda juga bisa mencoba membersihkan kerak atau kain lengket di alas setrika anda dengan menggunakan daun pisang. Siapkan daun pisang, dan panaskan setrika Anda. Ketika sudah panas, gunakan untuk menyetrika daun pisang seperti biasanya Anda menyetrika pakaian. Ulangi kegiatan ini sampai Anda melihat secara perlahan alas setrika anda mulai berkurang kerak lengketnya.
 

Loading...
Loading...